4 Rahasia Kenapa Saya Memakai OS Linux

Mengapa saya memakai Linux?

Banyak pertanyan dari beberapa orang teman ketika melihat tampilan OS notebook saya berbeda dengan mereka. Berbagai pertanyan dan rasa penasaran dari mereka terpaksa saya jelaskan satu persatu apa rahasianya mengapa saya memakai OS yang berbeda dengan yang dipakai oleh teman-teman tersebut.

Menurut saya sederhana saja rahasianya, saya tidak akan membahas mengapa saya harus meakai linux dengan jawaban seperti seorang pakar bla bla bla, karena hal tersebut sudah banyak dibahas diberbagai situs/forum resmi linux dan situs tutorial ilmu komputer tentang kelebihan dan kekurang linux

inilah rahasia pribadi saya kenapa saya berpindah dari memakai sistem operasi jendela ke sistem operasi pinguin ini

1. Linux itu Halal
OS  linux itu yang jelas terang benderang sekali yaitu free alias gratis tis tis.. sebagai orang yang berjiwa Indonesia sejati tentu saya langsung menyambar umpan gratis ini, suka yang gratisan jugakan sahabat bloger?

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Global Software Piracy Study dari Business Software Alliance (BSA) menyebutkan bahwa pembajakan software di Indonesia telah mencapai 86%, presentase ini telah menempatkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat pembajakan software tertinggi di ASEAN.

Salah satu pemicu terjadinya pembajakan di Indonesia lantaran harga software dan sistem operasi Windows dijual dengan harga yang dirasa terlalu mahal bagi sebagian pengguna. Berbeda dengan sistem operasi Windows, sistem operasi Linux termasuk FOSS (Free & Open Source Software) artinya bahwa aplikasi perangkat lunak ini bersifat bebas dengan sumber terbuka, dengan begitu pengguna bisa menggunakannya secara gratis tanpa harus membayar biaya lisensi dan dengan sumber terbuka yang ada, para pengguna juga bisa memodifikasi dan mendistribusikan kembali sistem operasi ini secara bebas

2. Tidak menambah dosa 
Saya tidak mau lagi menambah dosa dan tidak mau menyakiti hati om Bill Gates. Secara mungkin dosa kita yang sudah bejibun banyaknya ditambah lagi dengan memakai barang orang lain tanpa izin dan bayar/beli, coba sahabat bloger bayangkan, seseorang yang sudah susah payah berkeringat darah berkerja membuat suatu produk untuk dijual buat cari makan sesuap nasi lantas orang-orang tertentu seenak jidatnya saja membajak produk tersebut dan tidak mau membeli dan membayar untuk produk tersebut.

Sungguh keterlaluan dan sungguh tidak berprekemanusian yang adil dan beradab sekali, itu sungguh menyakitkan hati dan melukai perasaan om Bill Gates saudara-saudara.

Note : Dosa memakai produk/barang/hasil jerih payah orang lain tanpa izin/membayar/membeli alias maling menurut saya yang selemah-lemahnya iman ini adalah salah satu dosa yang sulit dimaafkan juga sahabat bloger.

Selama notebook sahabat bloger memakai OS jendela tersebut tanpa izin/membeli/membayar maka apapun rezeki yang sahabat bloger hasilkan dari notebook tersebut haram hasilnya. Apakah sahabat bloger mau memakan rezeki yang tidak halal alias haram?
(mohon tanyakan kepada ustadz/pendeta ahli agama untuk keterangan yang lebih lengkap)

3. Linux mudah diinstal dan dioperasikan 
Sahabat bloger tidak harus pergi kesebuah pelatihan yang intensif untuk mengetahui bagaiman mengoperasikan sistem operasi Linux. Selain itu, linux memiliki hampir semua fungsi yang disertakan di sistem operasi lain seperti windows. Bagi saya yang memakai notebook hanya untuk online dan mengolah data saja saya rasa sudah lebih dari cukup. Driver yang lengkap pada linux membuat kita tidak pusing dengan hal tersebut. Sahabat bloger pasti pernah punya masalah driver di Windows, dimana sistem windows memberi tahu sahabat bloger bahwa beberapa driver ada yang hilang dalam sistem, dengan linux kecil kemungkinan mengalami hal tersebut, sahabat bloger tidak perlu capek-capek mencari berbagai driver dari satu tempat ke tempat lain, karena sebagian besar driver sudah di sertakan dalam sistem operasi Linux.

4. Linux itu lebih tahan Virus dan mudah di Update
Saya sudah pusing dengan banyak virus, trojan dan malware di OS jendela, di Linux notebook sahabat bloger lebih aman karena sebangsa virus tidak berfungsi di Linux. Melakukan update sistem Windows kadang bisa membuat kita kesulitan dan stress. Update Linux baik OS maupun aplikasinya sangat mudah bila dibandingkan dengan Windows yang kadang mengharuskan anda untuk restart atau shut down komputer anda, maka dengan Linux anda cukup klik saja atau lewat terminal perintah biar kelihatan keren kalau lagi ramai kumpul bersama sahabat para bloger. 
Sekedar informasi saja saya memakai OS Linux dari distro Ubuntu, Ubuntu 16.04.1 LTS. Sahabat bloger bisa mendownload dan melihat tutorial cara menginstal Linux Ubuntu disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Rahasia Kenapa Saya Memakai OS Linux"

Post a Comment